Beragam insentif kendaraan Listrik dari Pemerintah

Beragam insentif kendaraan Listrik dari Pemerintah

Pemerintah Indonesia sedang mempercepat penggunaan kendaraan listrik dalam skala besar. Untuk itu pemerintah membuat beragam insentif supaya bisa dijangkau masyarakat dan mendorong percepatan perkembangan industri kendaraan listrik.

Susiwijono Moegiarso, pelaksana tugas Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, menjelaskan pemerintah telah mengeluarkan beberapa insentif antara lain, insentif PPnBM yang berlaku sejak Oktober 2021 lalu. Menurut Susiwijono, kebijakan ini mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik, yang sebelumnya masih dikenakan pajak barang mewah.

Baca Juga : Indonesia memiliki modal besar untuk menjadi produsen mobil listrik dunia

“Melalui kebijakan ini harga jual bisa ditekan sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkannya,” kata Susiwijono dalam diskusi virtual, Senin (13/12/21).

Di sisi lain, insentif fiskal seperti tax holidaytax allowance dan super deduction tax  diberikan untuk industri pengembangan kendaraan listrik. Industri manufaktur kendaraan listrik juga diberikan pembebasan bea masuk (impor).

Selain itu, pemerintah memberikan kebijakan untuk mendorong Perbankan Nasional memberikan kredit murah kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik. Menurut Susiwijono, Bank Nasional saat ini menawarkan kebijakan  DP nol persen dan suku bunga yang rendah.

“Melalui kebijakan ini, kami mendorong Bank Nasional turut serta mengaktifkan kendaraan listrik. Insentif ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat lebih mudah menggunakan kendaraan listrik,” kata Susiwijono.

Baca Juga : Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 mendorong percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB)

Menurut Susiwijono, saat ini pemerintah kota dan daerah juga banyak memberikan insentif yang bisa dirasakan masyarakat. Ambil contoh DKI Jakarta, saat ini mobil listrik ini bebas ganjil genap. Beberapa daerah juga memberikan diskon tol dan juga bebas bea parkir.

“Insentif semacam ini bisa langsung dirasakan oleh masyarakat, yang secara langsung dapat mempengaruhi dan memotivasi masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik,” kata Susiwijono.

source

Related Posts

Tesla Sukses Jual 936.000 Mobil Listrik Tahun 2021

AMERIKA SERIKAT - Tesla berhasil membuktikan diri sebagai perusahaan antikrisis karena berhasil menjual sebanyak 936.000 mobil listrik tahun lalu. Penjualan itu meningkat 87%  dibandingkan penjualan tahun 2020. Dilaporkan CNN, penjualan perusahaan yang dipimpin Elon...

read more

Support

Hotline 24/7
Call and WhatsApp
+62 821 14000 833

Email: 

talktous@evcuzz.com